nu

nu

Doa dan Dzikir Mustajab untuk Muslimah

Doa dan Dzikir Mustajab untuk Muslimah
Agar cantik, salihah, sehat dan bahagia
Karangan H. Muhammad Rahmatullah,Lc.

Kisah Para Wanita Penghuni Surga
 v Wanita Pengusaha Pendamping Sang Nabi
            Khadijah r.a. adalah seorang janda yang tergolong bangsawan, hartawan, cantik, dan budiman. Ia disegani oleh masyarakat Quraisy dan bangsa Arab pada umumnya. Ia banyak memberikan bantuan modal kepada pedagang dan melantik orang-orang untuk mewakili urusan perniagaannya ke luar negeri. Oleh karena itu banyak pemuda Quraisy ingin menikahi dan mau membayar mahar apapun yang diminta. Namun, Khadijah selalu saja menolaknya.
            Suatu malam Khadijah bermimpi mellihat matahari turun dari langit masuk ke dalam rumahnya serta memancarkan sinarnya merata ke seluruh pelosok sehingga tidak ada sebuah rumah yang luput dari sinarnya. Kemudian mimpi itu diceritakan kepada pamannya Waraqah bin Naufal, seorang penakbir mimpi terkenal. Setelah mendengar mimpi Khadijah, Waraqah mengatakan bahwa Khadiijah akan menikah dengan seorang nabi terakhir pemimpi umat. Khadijah pun selalu menunggu dan bertanya-tanya siapakah pemimpin itu.
            Sebuah takdir menemukan Khadijah dengan seorang pemuda dari Bani Hasyim yang bergelar Al-Amin (terpercaya). Pemuda saleh, taat beribadah, santun, dan jujur ini hendak berniaga dan bergabung dengan para karyawan Khadijah. Akhirnya terjadilah pernikahan dari dua orang luar biasa ini.seorang wanita pengusaha yang salehah dengan pemuda saleh yang paling dipercaya oleh kaumnya, dialah Nabi Muhammad SAW. Sejak itu Khadijah selalu mendampingi Rasulullah SAW dalam suka maupun duka.

v Si Cerdas yang Rupawan
            Seorang gadis kecil periang berumur 9 tahun sedang gembira bermain-main dengan temannya. Rambut awut-awutan muka kotor terkena debu. Tiba-tiba datang beberapa orang yang sudah tua muncul dari dekat rumah. Mereka membawa pulang anak gadis tersebut, memberinya pakaian yang rapi, dan malamnya menikahkan gadis itu dengan laki-laki paling agung diantara manusia, Rasul terakhir umat islam. Suatu penghormatan paling tinggi yang pernah diterima seorang wanita, dialah Aisyah r.a. putri tersayang Abu Bakar sahabat Nabi yang setia.
            Aisyah diakui sebagai pembawa riwayat yang autentik bagi ajaran Islam seperti yang telah disunahkan oleh suaminya. Ia dianugerahi ingatan yang sangat tajam dan mampu mengingat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan para tamu kepada Rasulullah serta mengingat segenap jawaban yang diberikan Rasulullah.
            Istri termuda ini tidak hanya pandai, ia juga diberi gelar Humairah (si pipi kemerahan) yang menandakan kecantikan rupanya oleh Rasululloh. Tak hanya rupanya yang cantik, hatinya pun rupawan. Ia tak pernah berkeluh-kesah dengan kehidupan yang sederhana dengan suaminya itu.


 v Kesederhanaan Putri Sang Pemimpin
            Fatimah Az-Zahra sang putri bungsu Rasulullah ini menikah dengan laki-laki sederhana, hidup sedehana, bahkan terkadang untuk makan sehari-hari pun tak ada. Pernah suatu saat ketika ia sedang menggiling gandum, jumlah gandum yang tak banyak itu digiling dengan sisa-sisa kekuatan yang ada. Tanpa disadari ia meneteskan air mata. Bukan karena menyesali kehidupannya atau kedudukannya sebagai ibu rumah tangga, namun ia merasa tak kuasa melakukan yang lebih untuk keluarganya.           Ketika itu  sang ayah menyapa,“Ada apa denganmu duhai putriku? Mengapa engkau menangis?”
            “Ayahanda, semua urusan ini membuat ananda sedih, mengapa ananda tidak bisa berbuat lebih?” jawab Fatimah,
            Kemudian Rasulullah membantu putrinya menggiling gandum seraya bersabda, “Wahai putriku, jika Allah menghendaki niscaya penggilingan itu berputar dengan sendirinya untukmu. Akan tetapi, Allah SWT menghendaki dituliskan-Nya untuku beberapa kebaikan dan dihapuskannya oleh-Nya beberapa kesalahanmu dan engkau mendapat kenaikan beberapa derajat. Putriku, perempuan yang menggiling tepung untuk suami dan anak-anaknya, niscaya Allah SWT menuliskan untuknya dari setiap biji gandum yang digilingya suatu kebaikan dan mengangkatnya satu derajat. Perempuan yang berkeringat ketika ia menggiling gandum untuk suaminya maka Allah SWT menjadikan antara dirinya dan neraka tujuh buah parit. Perempuan yang meminyaki rambut anak-anaknya dan menyisir rambut mereka dan mencuci pakaian mereka, maka Allah SWT akan mencatatkan baginya ganjaran pahala orang yang memberi makan kepada seribu orang yang telanjang. Duhai putriku, yang lebih utama dari itu semua adalah keridaan suami terhadap istrinya. Jikalau suamimu tidak rida denganmu, tidaklah akan kudoakan kamu. Tidakkah kau ketahui wahai Fatimah, bahwa rida suami itu adalah keridaan Allah SWT dan kemarahannya itu dari kemarahan Allah SWT.”
            Sejak itu Fatimah sangat berbahagia dan tidak pernah sekalipun ia menggugat Tuhannya atas semua yang ditakdirkan kepadanya. Ia yakin bahwa semua yang ia miliki didunia fana ini adalah sementara. Sungguh ada harta dan nilai yang amat luar biasa di akhirat sana.

Berdoalah, Pasti Allah Perkenankan
Ø  Adab Berdoa
·         Berdoa di tempat yang tepat dan waktu yang mustajab seperti ketika sedang sujud, waktu jeda antara adzan dan iqomah, waktu selepas sholat, waktu 1/3 di akhir malam.
·         Menghadap kiblat dan mengangkat keduatangan dan mengusapkannya ke wajah setelah selesai berdoa.
·         Memulai doa dengan membaca hamdalah, kemudian bersalawat kepada Nabi Muhammad pada awal doa dan penghujung doa.
·         Menunjukan kerendahan hati dan kekhusyukan, penghambaan ketika memanjatkan doa. Dengan suara yang rendah syahdu penuh harap dan yakinlah bahwa Allah akan mengabulkan doa kita.
·         Lebih mengutamakan doa-doa yang ma’tsur dan doa-doa yang terdapat dalam Al-Qur’an dan hadis.

Firman Allah SWT: “Rabb-mu berfirman, ‘berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah (berdoa) kepada-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina-dina.” (QS Ghafirayat 60)

Amalandan Munajat Sehari-hari Wanita Sholihah
ü Sayyidul Istighfar
ü Zikir selapas sholat fardhu
·         Mohon Keselamatan
·         Tahlil
·         Mohon dihindarkan dari neraka
  ü Tasbih selepas subuh
  ü Amalan pagi dan sore hari
·         Zikir sore hari
·         Zikir pagi dan sore hari
  ü Wirid menjelang siang,
  ü Doa menjadi muslimah cerdas.
  ü Doa ketika mendapat sesuatu yang menyenangkan
·         Doa kesyukuran
·        Doa mohon kekuatan,
  ü Doa saat terjaga pada waktu malam
·         Tahlil dan tasbih
·         Istighfar
  ü Wirid sholat malam
·         Doa qiyamullail
·         Doa sholat tahajud
·         Doa sholat witir
  ü Doa-doa sepanjang waktu
·         Doa sapujagat
·         Doa terhindar dari gosip
·         Doa ketika difitnah dan didzalimi
·         Doa mohon kesehatan jasmani
·         Doa sujud sajadah
  ü Amalan ibadah malam
·         Doa menggapai kemuliaan
·         Doa ketika bimbang
  ü Doa tertimpa musibah
·         Doa mohon rahmat
·         Doa ketika tertimpa musibah
  ü Amalan seputar tidur
·         Doa ketika hendak merebahkan badan
·         Doa sebelum tidur
·         Doa mau tidur
·         Doa bangun tidur
  ü Amalan ketika di kamar mandi
·         Doa masuk kamar mandi
·         Doa keluar kamar mandi
·         Adab buang air





Neni Puri Nurhidayati
kelas jurumiyah 
Mahasiswi jurusan PGMI di Alma atta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar